Cara Menyetem Gitar dengan Mudah dan Tepat untuk Pemula

Ketika pertama kali membeli gitar tentu saja langkah pertama yang harus diketahui adalah cara menyetem gitar agar dapat memainkan lagu yang pas. Hal itu bertujuan untuk melakukan penyetelan nada-nada terhadap masing-masing senar gitar yang memiliki nada standar yaitu E-A-D-G-B-E. Apabila hasil stem sudah sempurna, maka pada saat kamu memainkan gitar menggunakan chord gitar akan membentuk suatu nada yang sempurna. Tetapi jika gitar kamu belum di stem dengan benar, tentu saja kunci apapun yang kamu mainkan tidak akan menghasilkan nada yang sempurna atau yang biasa dibilang nada tersebut fals.

Sebenarnya saat ini sudah ada banyak sekali cara menyetem gitar dengan mudah yang bisa kamu lakukan dimana saja, baik itu secara manual maupun menggunakan teknologi canggih. Sehingga kamu bisa menyetem senar gitar walaupun kamu sendiri masih bisa dikatakan sebagai pemula.


Cara manual ini biasanya digunakan untuk menyetem gitar, ya memang cara yang satu ini tidak memerlukan uang. Akan tetapi dibutuhkan kepekaan dari telinga kamu pada saat menyetem senar gitar menggunakan cara manual ini. Cara ringkasnya yaitu sebagai berikut:

  • Senar nomor 1 disamakan dengan fret ke 5 senar nomor 2
  • Senar nomor 2 disamakan dengan fret ke 4 senar nomor 3
  • Senar nomor 3 disamakan dengan fret ke 5 senar nomor 4
  • Senar nomor 4 disamakan dengan fret ke 5 senar nomor 5
  • Senar nomor 5 disamakan dengan fret ke 5 senar nomor 6

Silakan kamu samakan persis setiap nada dari fret dan senar gitar yang kamu stem. Dengan cara seperti itu, maka gitar kamu akan menghasilkan nada yang harmonis pada saat dimainkan menggunakan chord gitar. Namun kelemahan saat menyetem gitar dengan cara manual seperti ini tentu saja sangat ditentukan dari kepekaan nada utama pada senar gitar nomor 1 yang menjadi patokan. Maka dari itu saya sarankan senar nomor 1 alangkah baiknya di stem menggunakan tuner. Lalu senar 2 sampai 6 bisa buat belajar stem kamu.


Untuk dapat menggunakan tuner, kamu bisa download di smartphone yang sudah menyediakan aplikasi tersebut. Saat ini banyak sekali di play store aplikasi untuk stem gitar, sehingga kamu bisa memakai aplikasi yang mana saja sesuai dengan pilihan yang menurut kamu paling mudah digunakan. Untuk cara memakainya sangat mudah, kamu hanya perlu menaruh smartphone di dekat gitar lalu membuka aplikasi tersebut. Jika sudah silakan kamu petik satu persatu senar nya yang mau di sesuaikan nada senar tersebut dengan tuner di smartphone kamu. Jika sudah hijau atau ceklis berarti nada senar sudah tepat, lakukan cara seperti ini terhadap senar gitar lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.