Maen Gitar di Laptop ? Meet the GUITAR RIG!

Maen Gitar di Laptop ? Meet the GUITAR RIG!


Metode ini rupanya udah lama banget eksis dan menjadi alternatif favorit buat para musisi-musisi digital. Dan karena terlalu lama salah gaul, metode ini baru gue cobain KEMAREN! :'(

However, opsi alternatif ini beneran ngebantu kamu yang ngerasa nggak worth it buat beli ampli cuma untuk sekedar main di kamar. Karena yang kamu butuhin simpel aja: Sebuah gitar berpick-up, sebuah laptop, software yang tepat dan output device.



Simple Requirements 

1.  Laptop/PC

Laptop/PC adalah syarat pertama yang harus kamu punya. Untuk speknya, cukup dengan RAM 2GB, harddisk sekitar 250GB, prosesor dual-core keatas, soundcard onboard pun udah lebih dari cukup, dan port MIC beserta port output/speaker (yang pasti udah ada di laptop/PC) pastinya.

Kedua, yang kamu butuhkan adalah software pengkonversi sound analog ke sound digital. Dan yang jadi pilihan gue adalah GUITAR RIG 5. Software ini adalah simulator yang menyulap laptop kamu menjadi sebuah gudang ratusan efek gitar, amplifier, dan recording tools dalam satu paket.

Ketiga, kamu butuh satu jack 3.5mm. Yang nantinya akan dipake untuk menghubungkan laptop kamu dengan gitar.

Sekarang tinggal tergantung tujuan kamu aja nih. 

Kalo yang kamu butuhin adalah mobilitas, dan cuma mau bergitar ria di dalem kamar serta bereksperimen dengan ratusan jenis efek dan amplifier yang tersedia di dalam software, LAPTOP adalah pilihan yang paling tepat. 

Tinggal bawa laptop sama gitar listrik, kamu bisa ngegitar dimana aja bahkan di Sevel sekalipun :p

Tapi kalo kamu berniat buat recording, lebih disarankan pake PC aja. Karena soundcard yang disediain laptop bakalan nyedot memory dan ampere lebih banyak. Apalagi, port yang disediain PC juga lebih banyak daripada laptop.

2. Gitar berpick-up

Kamu bisa memakai gitar listrik ataupun gitar akustik yang wajib punya fitur/tambahan pickup/spul. Karena fungsi dasar pickup adalah mengubah getaran senar menjadi suara analog, yang nantinya bisa di-convert lagi menjadi suara digital. Jadi tanpa pickup, metode ini mustahil bisa dijalanin.

Terakhir, kamu butuh satu jack gitar standar (6.35mm).

Terus gimana cara mengkoneksikan gitar yang jack-nya 6.35mm dengan jack 3.5mm di PC/Laptop? Jawabannya adalah, Jack-Converter. 

Jack converter bisa kamu beli di toko listrik sekitar rumah kamu dengan harga sekitar  Rp.7000-an.


Jack Converter

3. Output device

Untuk keluaran/output-nya, kamu bisa pakai headphones jenis apapun, ataupun active-speaker. Tanpa output device, kamu nggak denger apa-apa dong? :p


How To Play

Oke semua bahan udah tersedia, sisanya tinggal disambung aja sih.

1. Pasang jack 3.5mm ke converter 6.35mm, lalu hubungkan masing-masing ujung jack-nya ke laptop dan gitar listrik kamu. Gitar masuk ke port MIC (Input), dan output device nya masuk ke port speaker/headphone.

2. Download dan install Guitar Rig kamu. Oh ya, kamu juga perlu tambahan driver audio ASIO4ALL biar prosesnya cepet. Soalnya kalau pake driver bawaan laptop pasti terjadi delay/keterlambatan suara. Install driver asio4all yang sudah di download tadi.

3. Cek audio device kamu. Panduannya bisa kamu cek DISINI.

4. Jalankan Guitar Rig, pilih menu "File" > "Audio and MIDI Settings" seperti gambar dibawah :


5.  Pada menu driver pilih "Asio" . Klik menu "Asio Config" dan akan muncul seperti gambar dibawah.

6. Klik gambar "Tang" sampai muncul tanda silang supaya menu settingan muncul kayak gambar diatas. Kalo semua input dan output terpasang dengan benar maka akan muncul seperti tampilan yang dikasih lingkaran merah sebelah kiri.
 

7. Atur ASIO buffer size min 208 dan max 256. Kemudian atur juga seperti tampilan yang dikasih lingkaran merah sebelah kanan.

***

Beres deh! Now you ready to explore! Jangan lupa baca advance guidenya kak biar lebih maksimal lagi:

1. Cara mengurangi noise di Guitar Rig :  


2. Cara recording dengan Guitar Rig:




4. Macam-macam jenis Amplifier yang tersedia dalam Guitar Rig:
http://blogmusikpintar.blogspot.com/2014/11/macam-macam-amplifiers-pada-guitar-rig-5.html

5. Mengkombinasikan berbagai macam Amplifier dan Cabinet di Guitar Rig:



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.